4.9.08

PUASAAAA!! APA YAA ARTINYA??

wahhh..
WELLCOME RAMADHAN ^^


Bulan yang penuh rahmah dan hikmah ini sangat disambut gembira oleh seluruh umat muslim di dunia..
Selama 30 hari kita berpuasa (tidak termasuk yang berhalangan = harus diganti juga), menahan lapar dan dahaga mulai dari waktu imsak sampai maghrib..
Sebenarnya apa sih arti dari puasa??
Apa makna dibalik puasa di bulan Ramadhan itu sendiriiii..??

Menurut wikipedia
*yang udah ga bisa terlalu dipercaya lagi*,
puasa dalam bahasa Inggris = fasting..
"Fasting is primarily the act of willingly abstaining from some or all food, drink, or both, for a period of time. A fast may be total or partial concerning that from which one fasts, and may be prolonged or intermittent as to the period of fasting"

Kalau menurut www.wikimu.com,
"Puasa merupakan satu cara mendidik individu dan masyarakat dalam mengontrol berkehendak dan berkeinginan dengan pendidikan yang mantap. Tidaklah seorangpun yang berpuasa itu kecuali berusaha mengalahkan kesenangan dari dirinya walaupun diperbolehkan sehingga ia mampu mengalahkan kesenagan yang diharamkan. Ia sedang sadar meninggalkan makanan dan minuman sehingga ia mampu bersabar dan menahan rasa lapar dan haus, walaupun dirasakan amat berat. Kekuatan kesejatian diri seseorang adalah sejauh mana kemampuan dalam mengontrol dirinya, control hawa nafsunya, dan control egoismenya. Penghambaan kepada Tuhan mensyaratkan bahwa segala aktifitas, kehendak dan keingianan selalu berorientasi pada ketulusan mencari keridhoan Tuhan semata"

Nahh..
sebenar-benarnya puasa dalam bulan Ramadhan adalah bukan hanya dalam menahan lapar dan haus dari waktu imsak sampai maghrib, tetapi menahan hawa nafsu, segala yang dibenci ALLAH SWT, dan menyadarkan diri kita, bahwa sesungguhnya di luar sana masih banyak yang 'memerlukan', sehingga kepedulian sosial disini dibutuhkan..

Hmm,
tapi jangan berhenti sampai hari ke-30 yahhh..
berhenti setelah kita menerima THR, makan ketupat, dapat baju baru..
huhhhhh..
sangatlah sulit memang,
tapi ini adalah ujian dari Yang Maha Kuasa ^^

Marhaban Ya Ramadhan..

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial